Friday, August 8, 2008

Virus

Sebagian ahli bahwa virus tidak termasuk ke dalam makhluk hidup. Sebagian lain menyatakan bahwa virus makhluk peralihan antara makhluk hidup dan tak hidup.

Ciri - ciri virus
Virus tidak dapat diamati bila menggunakan mikroskop cahaya karena ukurannya sangat kecil, yaitu sekitar 0,2 mikro. virus hanya dapat diamati dengan menggunakan mikroskop elektron.

Tubuh virus terdiri dari asam inti (DNA saja atau RNA saja) dan selubung protein. Virus tidak dapat digolongkan ke dalam organisme seluler karena tidak memiliki sitoplasma dan organel. Oleh karena tubuh virus yang demikian ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa virus adalah molekul besar. Virus dapat dikristalkan (ciri benda mati), tetapi dapat hidup kembali di dalam tubuh makhluk hidup sehingga dapat menginfeksi.

Bentuk virus beraneka ragam. Ada yang bulat, berbentuk batang dan ada pula yang berbentuk huruf T.

Cara hidup virus

Cara berkembang biak berbeda dengan cara berkembang biak makhluk hidup. Ketika menginfeksi sel makhluk hidup, virus memasukan asam intinya ke dalam sel inangnya tersebut. Selanjutnya asam inti itu memperbanyak diri di dalam sel inang sehingga sel inang menjadi rusak. Kemudian virus keluar dari sel inang.

Virus tidak dapat hidup bebas di alam. Virus hanya dapat hidup secara parasit dalam tubuh tumbuhan, hewan dan manusia. Penyakit yang disebabkan virus yang hidup parasit pada tumbuhan misalnya Penyakit yang mengakibatkan mosaik pada tumbuhan tembakau, busuknya tanaman sayur – sayuran dan kematian pada tumbuhan jeruk. Virus yang hidup parasit pada hewan dapat menyebabkan penyakit flu burung, penyakit tetelo pada ayam, serta penyakit kuku dan mulut pada ternak sapi. Virus yang hidup parasit pada manusia dapat mengakibatkan penyakit mata belek, polio, influenza, hepatitis, cacar, demam berdarah, dan AIDS (acquired immuno deficiency syndrome – sindrom).

No comments: